Sunday 7 June 2020

12 Wisata Alam Dieng Jawa Tengah yang Paling Indah dan Memesona


Wisata alam Dieng Jawa Tengah kemungkinan sangat populer untuk tujuan berlibur membahagiakan. Dengan alam yang demikian mengagumkan, Dieng tawarkan kesegaran serta keasrian alami ciri khas perbukitan.



Udara yang masih tetap alami serta panorama alam yang benar-benar menarik akan membuat kamu kerasan habiskan waktu berlibur di sini. Wisata Dieng mempunyai beberapa keelokan alam seperti telaga, kawah, sampai panorama kebun teh serta alam perbukitan yang mempesona. 

Wisata alam Dieng Jawa Tengah terbagi dalam perbukitan serta telaga yang indah. Kamu tentu saja tidak asing lagi dengan beberapa tujuan seperti, Gunung Prau, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, atau telaga warna.

Berikut Liputan6.com kumpulkan dari beberapa sumber, Rabu (6/5/2020) mengenai wisata alam dieng jateng

Jika kamu ingin nikmati keelokan wisata alam Dieng Jawa Tengah dari ketinggin yang diperlengkapi dengan matahari terbitnya yang mengagumkan, pilihan persisnya jatuh pada Bukit Sikunir. Di sini kamu dapat nikmati semburat kemerahan matahari keluar mendekati pagi hari.

Untuk kamu yang ingin kesini, dianjurkan untuk pergi ke arah Sikunir saat subuh supaya tidak melepaskan peristiwa yang indah ini. Untuk capai pucuk bukit, kamu membutuhkan usaha tambahan. Kamu perlu sedikit berusaha untuk naiki tangga bukit yang lumayan tinggi.

Situasi udara yang dingin serta tanah yang berundak-undak sedikit akan melelahkan, namun panorama yang indah waktu datang di pucuk akan hilangkan semua kelelahanmu. Di Bukit Sikunir ini banyak spot yang dapat kamu buat jadi untuk berswafoto dengan background matahari terbitnya yang indah.

Bukit Sikunir ini terdapat di Desa Sembungan yang diketahui untuk desa paling tinggi di Pulau Jawa. Akses untuk ke arah Bukit Sikunir ini termasuk cukuplah gampang, kamu bisa memakai kendaraan pribadi untuk ke arah kaki bukit sebelum pada akhirnya mendaki Bukit Sikunir.

Wisata alam Dieng Jawa Tengah yang kemungkinan tidak asing lagi buat beberapa penggemar gunung ialah Gunung Prau. Gunung Prau adalah pilihan yang benar-benar pas untuk nikmati indahnya Dieng dari ketinggian.

Seperti mendaki gunung, waktu ke Gunung Prau kamu membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Sampai pada akhirnya dapat sampai ke pucuk untuk nikmati indahnya panorama Dieng yang ada pada ketinggian 2.565 mdpl. Ini tentu saja tidak sama bila kamu ke Bukit Sikunir yang dapat dilakukan dalam tempo yang sesaat saja.

Tetapi, panorama yang ditawarkan di Gunung Prau ini pasti sangat indah. Waktu kamu ada di pucuk Gunung Prau, kamu akan disuguhi dengan pamandangan alam yang benar-benar mempesona. Dari sana kamu bisa lihat awan-awan putih yang menggelantung di seputar gunung sampai hijaunya pedesaan yang ada di seputar lereng Gunung Prau.

Salah satunya hal yang jangan terlewati saat berkunjung ke Gunung Prau ini ialah nikmati indahnya matahari keluar serta tenggelam. Ya, dari pucuk gunung ini, kamu dapat melihat langit jingga atau kuning keemasan saat matahari sedang ada di ufuk. Keelokan ini dapat kamu peroleh jika mujur memperoleh cuaca yang cerah.

Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng adalah pilihan wisata alam Dieng Jawa Tengah buat kamu yang ingin nikmati golden sunrise tetapi tidak mau naik ke Bukit Sikunir. Gardu pandang ini ada di ketinggian 1789 Mdpl pas di atas Desa Tieng, Wonosobo. Gardu Pandang Tieng tawarkan lanscape pegunungan Pakuwojo dengan hijaunya perkebunan seputar.

Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng

Sebagian besar wisata alam Dieng Jawa Tengah memiliki nuansa perbukitan yang indah. Salah satunya wisata Dieng Wonosobo yang dapat kamu nikmati dari ketinggian ialah Batu Ratapan Angin. Obyek wisata ini sebuah tebing yang dekat sama Telaga Warna. Di sini kamu dapat melihat panorama Telaga Pengilon serta Telaga Warna dari ketinggian.

Sebagian besar obyek wisata yang berada di Dieng Wonosobo ini pas buat kamu yang menyenangi penjelajahan alam. Diantaranya Batu Ratapan Angin ini. Masalahnya untuk sampai dalam tempat ini kamu perlu mendaki bukit yang cukup membuat capek. Meskipun membutuhkan sedikit perjuangan untuk sampai ke atas bukit, kamu akan melihat pemandangan alam indah yang tersaji di muka mata.

Telaga Warna

Salah satunya tempat wisata jagoan yang bisa kamu jumpai waktu berkunjung ke Dieng ialah Telaga Warna yang ada di Kejajar, Wonosobo. Wisata alam Dieng Jawa Tengah satu ini akan menganakemaskan mata pengunjung dengan danau kecil yang mempunyai beberapa warna sebab jumlahnya belerang yang ada tempat ini.

Buat kamu yang sedang berkunjung ke tempat ini, janganlah lupa untuk berfoto-foto sebab panorama yang ditawarkan benar-benar terkesan serta memesona. Di tepian danau ada juga jembatan kecil dari kayu yang bisa dipakai untuk spot photo yang menarik. Disamping itu, kamu dapat lihat beberapa goa yang mempunyai akar riwayat yang kental buat warga ditempat serta ada di satu kompleks dengan Telaga Warna itu. 

Telaga Pengilon

Tidak jauh dari Telaga Warna, kamu dapat mendapatkan Telaga Pengilon. Jarak di antara Telaga Warna serta Telaga Pengilon benar-benar dekat serta pada beberapa pemikiran akan nampak bersatu. Baik Telaga Warna serta Telaga Pengilon adalah hasil bentukan letusan Gunung Prau Tua.

Ketidaksamaan Telaga Warna serta Telaga Pengilon ialah air di Telaga Pengilon berwarna cokelat serta tidak memiliki kandungan sulfur sama dengan Telaga Warna.

Telaga Merdada

Wisata alam Dieng Jawa Tengah setelah itu telaga Merdada. Telaga ini adalah telaga yang sangat luas di Dieng. Telaga Merdada yang terdapat di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini mempunyai luas capai 21 hektar. Wisata Dieng Wonosobo ini terlihat seperti satu kaldera sisa letusan dari gunung api yang selanjutnya berisi air. Ini dapat terlihat jika kamu menyaksikannya dari ketinggian.

Disamping itu, panorama yang ditawarkan oleh telaga ini benar-benar indah, sebab ada di dua buah bukit curam yakni Pangonan serta Sumurup. Menariknya, di seputar danau banyak diketemukan lahan-lahan berundak tempat pertanian kentang hingga meningkatkan eksotisme Telaga Merdada ini.

Telaga Menjer

Telaga Menjer memiliki jarak seputar 11 km. atau 30 menit dari Alun-Alun Wonosobo. Telaga ini tercipta karena letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Telaga dengan luas seputar 70 Ha ini ada di ketinggian seputar 1300 Mdpl. Pengunjung dapat nikmati kesejukan telaga ini. Masyarakat ditempat sediakan perahu bambu untuk melingkari telaga.

Telaga Cebong

Telaga Cebong ada di teritori dataran tinggi Dieng atau satu jam perjalanan dari alun-alun Wonosobo. Telaga ini lumayan kecil dengan luas seputar 12 Ha. Dahulunya telaga ini adalah kawah gunung purba. Telaga Cebong ada tidak jauh dari Bukit Sikunir membuat pemandangan teritori ini demikian sejuk serta indah.

Kawah Sikidang

Sedikit ada di bukit, Kawah sikidang adalah salah satunya tempat yang harus didatangi untuk wisata alam Dieng Jawa Tengah. Letak kawah belerang ini tidak jauh dari Bukit Sikunir, hingga sesudah lihat golden matahari keluar yang memesona, tidak ada kelirunya kamu lihat kawah panas dengan berbau belerang yang menusuk.

Kawah Sikidang ini terdapat di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Walau demikian, akses yang semakin mudah dan cepat untuk ke arah kawah ini ialah dari Wonosobo. Kecuali melihat keelokan kawah dengan legenda Pangeran Kidang Garungan ini, kamu dapat lihat beberapa kerajinan tradisionil yang dibikin dalam tempat itu. 

Candi Arjuna

Berkunjung ke Dieng rasa-rasanya tidak komplet jika tidak mengunjungi Candi Arjuna yang ada di Dieng Kulon, Banjarnegara. Ini karena ticket masuk Candi Arjuna satu paket dengan kawah Sikidang hingga dengan biaya Rp 10.000 kamu dapat masuk dua teritori wisata sekaligus juga.

Dalam sejarahnya, Candi Arjuna adalah peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno serta dibikin untuk menyembah Dewa Syiwa. Ketinggiannya yang ada lebih dari pada 2.000 mdpl membuat candi ini demikian memesona dengan situasi pegunungan Dieng yang sejuk.

Dalam teritori Candi Arjuna, ada lima buah candi yang sama-sama berjajar lurus. Disamping itu taman yang ada di seputar candi juga nampak bersih hingga kamu dapat santai sekalian bercengkarama di atas rerumputan..

Kebun Teh Tambi

Wisata alam Dieng Jawa Tengah setelah itu satu Agrowosata Tambi. Di sini kamu akan disuguhi dengan bentangan kebun teh, yang membuat situasi hati jadi tenang. Tempat agrowisata ini terdapat di Kecamatan Garung, persisnya di jalan arah ke arah Dieng.

Bukan hanya menyuguhkan panorama perkebunan teh, disana kamu dapat juga berekreasi industri dengan berkunjung ke pabrik teh. Kamu dapat lihat dengan cara langsung proses pemrosesan teh Tambi. Disamping itu, di sini mempunyai beberapa jenis sarana seperti pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain, serta kebun.