Sunday 7 June 2020

8 Tempat Wisata Alam di Surabaya yang Memesona, Bikin Ingin Berkunjung




Banyak orang menyebutkan kota Surabaya untuk Kota Pahlawan. Juga dikenal untuk kota metropolitan paling besar sesudah kota Jakarta. Terletak bertemu langsung dengan Selat Madura, membuat obyek wisata alam di Surabaya perlu dicoba.


Kota Surabaya memang tidak sesejuk kota Bogor. Pemandangan istimewa seperti pantai serta gunung susah diketemukan. Tetapi, masih ada rimba mangrove, kampung wisata, rimba bambu, serta pantai Ria untuk salah satu. Seperti berikut pemandangan obyek wisata alam di Surabaya.

Saat bertandang ke Pulau Jawa sisi timur, datangi obyek wisata alam di Surabaya. Bila ingin melepas capek, obyek wisata alam di Surabaya ini masih dapat dihandalkan.

Mangrove Wonorejo termasuk juga rimba bakau lebat dengan beberapa satwa. Sekarang, jalanan setapak kayu dibuat melewati lebatnya rimba bakau ini. Di obyek wisata alam di Surabaya ini ada juga papan info. Papan yang menerangkan burung serta satwa yang hidup disana. Rimba mangrove ini cukup sejuk walau terik di siang hari.

Khasnya lagi, pengunjung dapat melingkari rimba ini dengan perahu mungil. Pengunjung dewasa dikenai ongkos Rp 25.000 serta beberapa anak Rp 15.000. Ada juga speed boat yang bisa disewa untuk berkeliling-keliling. Harga sewanya Rp 300.000 saja untuk enam penumpang. 

Bila ingin santai, ada gazebo-gazebo mungil di sekelilingnya. Rimba mangrove ini dibuka waktu weekend serta hari libur nasional saja. Pengunjung mulai bisa tiba seputar jam 8.00 sampai jam 16.00.

Kebun bibit ini cukup dekat sama rimba mangrove Wonorejo. Dipenuh dengan pohon-pohon hijau, membuat obyek wisata alam di Surabaya ini berasa mempersejuk. Kebun ini mempunyai luas seputar 5.9 hektar. Pengunjung tidak dikenai ongkos ticket masuk untuk berkunjung ke tempat ini.

Khasnya lagi, pengunjung dapat berswa photo dengan hewan yang ada. Termasuk juga jogging di ruang taman, bermain wall climbing, serta senam. Telah ada toilet umum, water tap yang siap minum, beberapa pilihan jajanan, serta pusatnya bibit tanaman. Jam operasional Kebun Bibit Surabaya, yaitu jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Pantai Ria Kenjeran diketahui untuk salah satu pantai di Surabaya. Pengunjung dapat nikmati kesejukan pantai, berkuda, serta melihat barongsai. Sore hari ialah waktu yang pas untuk ke obyek wisata alam di Surabaya ini. Akan ada sunset istimewa yang indah ditengah-tengah Gerbang Samudra Klenteng. Jaraknya cuma 20 menit dari pusat kota Surabaya.

Rimba mangrove Wonorejo bukan salah satu di Surabaya. Masih ada Mangrove Gunung Anyar untuk obyek wisata alam di Surabaya. Mangrove ini sediakan sarana sama juga dengan mangrove Wonojero. Ada juga jembatan kayu yang tembus rimba bakau. Perahu nelayan disewakan. Pengunjung dikenai ongkos Rp 50.000 untuk dapat telusuri rimba dengan perahu.

Kampung wisata Jambang diketahui untuk kampung yang hijau, rapi, serta bersih. Pengunjung dapat belajar langkah membuat pupuk kompos dengan sampah organik serta non-organik. Pengendalian sampah air jadi pekerjaan menarik di obyek wisata alam di Surabaya ini. Sampah ini datang dari air mandi serta cucian masyarakat seputar Jambang. Air ini selanjutnya dimurnikan kembali lagi lewat proses penyaringan. 

Bila ingin lihat tanaman indah yang cantik, rimba bambu serta sakura dapat dibuat pilihannya. Nuansa asri serta sejuk ada di obyek wisata alam di Surabaya ini. Walau dipenuhi bunga-bunga cantik, pengunjung tidak diperkenankan menuai. Jam operasional obyek wisata ini, yaitu jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

Telusuri Kalimas memakai perahu dapat dilaksanakan di sini. Perahunya diketahui dengan nama Sawunggaling Surya Transport. Pengunjung dapat isi perahu kemampuan 12 penumpang saja. Biaya yang dikenai cuma Rp 4000 saja per orang. Obyek wisata alam di Surabaya ini sediakan bangku perahu yang empuk serta nyaman buat penumpang. Benar-benar pas untuk isi akhir minggu bersama-sama keluarga serta pasangan.

Bukit Melarang tidak ada di pusat kota Surabaya. Bukit ini benar-benar direferensikan buat beberapa pencinta wisata alam. Jarak menempuh ke tempat seputar 1 jam 20 menit dari pusat kota. Obyek wisata alam di Surabaya ini akan menganakemaskan mata dengan garis pantai yang memanjang. Ada juga pohon-pohon hijau yang teduh untuk pemisahnya.